Langsung ke konten utama

Unggulan

Ciri-Ciri Jajanan Anak Yang Harus Dihindari

Ciri-Ciri Jajanan Anak Yang Harus Dihindari - AduQ Online - Ada beraneka ragam jenis jajanan untuk anak-anak yang beredar atau di jajakan di dalam sekolah maupun sekitar lingkungan mereka. Yang tentunya berbagai jenis jajanan tersebut, tidak terjamin kesehatannya. Bisa saja jajanan menarik dan terlihat lezat, tetapi mengandung berbagai zat berbahaya yang bisa berakibat buruk terhadap tumbuh kembang anak anda. Nah, sebagai orang tua, tentunya sangat wajar apabila was-was dengan keadaan tersebut. Dan berusaha melakukan langkah terbaik demi kesehatan buah hatinya. Nah, untuk itu, sebaiknya para orang tua mengetahui bagaimana ciri-ciri jajanan tidak sehat yang wajib di hindari, dengan membaca tips sehat yang kami bagikan berikut ini. Inilah Ciri-Ciri Jajanan Tidak Sehat yang Wajib di Hindari Buah Hati Anda di Sekolah Inilah Ciri-Ciri Jajanan Tidak Sehat yang Wajib di Hindari Buah Hati Anda di Sekolah Ciri-Ciri Jajanan Tidak Sehat yang Wajib di Hindari 1. Jajanan yang me

Tips Memasak Sayur Dan Buah Agar Nutrisi Dan VItamin Tidak Hilang

Tips Memasak Sayur Dan Buah Agar Nutrisi Dan VItamin Tidak Hilang - AduQ Domino Online - Mungkin Anda semua tahu akan pentingnya sayur dan buah untuk si kecil dalam masa pertumbuhan. Kedua jenis sumber makanan tersebut kaya akan kandungan nutrisi, terutama vitamin  dan mineral. Akan tetapi cara memasak sayur serta buah yang tidak tepat ternyata bisa merusak dan bahkan menghilangkan kandungan nutrisinya. Pengolahan dan cara memasaka sayur memang harus dilakukan dengan teknik yang tepat.

Cara memasak sayur yang tidak tepat akan membuat kandungan nutrisinya larut. Salah satu contohnya vitamin B dan vitamin C bisa larut dalam air  serta rusak bila terkena oleh suhu terlalu tinggi. Secara perlahan nutrisi tersebut akan hilang sehingga yang dikonsumsi hanya berupa ampas saja tanpa ada kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.
Bahkan sering kita jumpai ketika memasak sayuran warnanya berubah sesuai dengan warna asli sayuran tersebut. Nah, kondisi tersebut merupakan pelarutan dari beberapa nutrisi yang terkandung pada sayuran. Hal ini mengindikasikan bahwa nutrisi pada sayur sebagian telah hilang dan rusak.
http://sakongkiu.com/Register.aspx?ref=julieardana
Salah satu cara memasak sayuran yang peling aman yaitu dengan cara mengukus bukan merebus. Pada waktu mengukus, makanan tidak akan mengalami kontak langsung dengan air bersuhu panas sehingga vitamin dan nutrisi lainnya akan tetap terkunci.
Dalam proses mengukus sayur maupun buah, Anda bisa menggunakan panci khusus atau microwave. Dengan menerapkan teknik seperti ini maka kandungan nutrisi dalam sayur akan tetap terjaga dengan baik. Segala kebaikan dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tidak akan mengalami kerusakan.
Tips dan Cara Memasak Sayur atau Buah Yang Baik
1. Jangan memotong buah-buahan dan sayuran dengan ukuran yang terlalu kecil karena makanan akan dengan mudah menyerap udara. Jika hal ini terjadi maka akan merusak kandungan nutrisinya.
2. Cuci buah dan sayur menggunakan air kran yang mengalir. Jangan merendam sayuran atau buah-buahan di dalam wadah yang berisi air karena bisa merusak kandungan nutrisinya. Pencucian dengan air mengalir dinilai lebih baik.
3. Memasak buah dan sayur gunakan teknik mengukus untuk menjaga kandungan nutrisinya. Namun jika mengharuskan untuk merebus maka gunakan sedikit air dan masukan makanan setelah air mendidih. Bahkan supaya nutrisinya tidak banyak terbuang, perebusan sayuran hanya berlaku untuk proses membuat sup sehingga ai rebusan masih bisa dikonsumsi. "dr Vera menuturkan bahwa retensi vitamin berkurang pada proses pemasakan yang terlalu panas dalam jangka waktu lama. Misalnya direbus terlalu lama dan digoreng, Lebih baik dikukus. Untuk makanan pendamping ASI (MPASI) juga begitu, dikukus lalu diblender. Semua proses pemasakan memang bikin boros vitamin keluar, tapi saya lebih menganjurkan proses masaknya dikukus," pesan dr Vera.".
http://365kiu.com/Register.aspx?ref=juliardana
Cara pengolahan makanan menjadi salah satu aspek penting dalam mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil. Pengolahan makanan mempengaruhi keutuhan nutrisi yang berguna bagi tubuh. Maka darin itu dari mulai aspek kebersihan dan cara pengolahan sebaiknya dilakukan dengan baik. Dengan bagitu maka semua kebutuhan nutrisi si kecil dalam tahap tumbuh kembangnya akan tercukupi dengan baik.

Komentar

Postingan Populer